Selasa, 22 Desember 2015

RPP media berbasis manusia berserta langkah-langkah pembuatan medianya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri 1 ...
Kelas/Semester            : VIII/ Gasal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik                           : Biografi
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit (1 x Pertemuan)

A.  Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknnologi, seni,  budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali
      peristiwa hidup diri sendiri dan orang lain.
3.1 Memahami teks cerita biografi  baik melalui lisan maupun tulisan.
       Indikator:
1.      Peserta didik mampu memahami teks cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Peserta didik mampu mengetahui dan memahami struktur teks cerita biografi.


C.  Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan memperhatikan guru menjelaskan mengenai teks cerita biografi, peserta didik dapat memamahi teks cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
2.      Melalui mencermati teks cerita biografi, peserta didik dapat mengetahui dan memahami struktur teks cerita biografi.

D.  Materi Ajar
1.    Pengertian teks cerita biografi.
2.    Struktur teks cerita biografi.

E.  Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning.
Metode       : Penugasan, tanya jawab, presentasi dan diskusi.
Model         : Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning).

F.   Alat dan  Sumber Belajar
Alat dan Bahan
1.      Teks cerita biografi
Sumber Belajar
1.      Buku pendamping: Restuti dan Kosasih. Engkos (2014). Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Erlangga.
2.      Internet

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Perserta didik merespon  salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan  kelas.
2.      Peserta didik melakukan kegiatan berdoa sebelum kegiatan belajar dilakukan.
3.      Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran memahami teks cerita biografi, guru bertanya kepada siswa tentang teks cerita biografi yang pernah dibaca.
4.      Perserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
5.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran.
6.      Peserta didik diarahkan untuk membuat kelompok dengan anggota 5-6 orang.
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik mendengarkan contoh  teks cerita biografi yang dibacakan oleh guru dengan cermat.
Menanya        
1.    Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan  mengenai apa itu teks biografi.
2.    Peserta didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan  tentang struktur teks cerita biografi.
Menalar/mengeksplorasi
1.    Peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan oleh guru.
2.    Peserta didik berkelompok mendiskusikan mengenai teks cerita biografi.
3.    Peserta didik berkelompok mendiskusikan struktur teks cerita biografi.

Mengasosiasi
Peserta didik secara berkelompok mengemukakan mengenai teks cerita biografi dan menyimpulkan struktur teks cerita biografi.

Mengkomunikasikan
1.    Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
2.    Setiap kelompok diberi kesempatan menanggapi/ menyampaikan ide berkaitan dengan materi yang telah didiskusikan.

80 menit
Penutup
1.    Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang teks cerita biografi.
2.    Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami teks cerita biografi.
3.    Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.
4.    Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru mengenai teks cerita biografi dan strukturnya.
5.    Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
6.    Guru mengajak siswa mengucap surat Al Fatihah sebagai wujud rasa bersyukur agar ilmunya bermanfaat.
7.    Guru mengucap salam penutup.
10 menit

H.  Penilaian
1.    Penilaian Sikap
a.    Teknik           : Pengamatan Sikap
b.    Bentuk          : Lembar Pengamatan
c.    Instrumen
Lembar Observasi  = yang Harus Dibawa ke Kelas
No.
Nama
Aspek Penilaian
Skor
Nilai
Konversi
Spritual
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2

Rubrik
Deskripsi Kegiatan Siswa
Skor
Selalu
Sering
Cukup
Kurang
4
3
2
1


2.    Penilaian Pengetahuan
Format Penilaian
No
Kompetensi Dasar
Indikator
Bentuk Soal
Soal
1
3.1 Memahami teks cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
1.      Peserta didik mampu memahami teks cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan.
2.      Peserta didik mampu mengetahui dan memahami struktur teks cerita biografi.

Tulisan
Jelaskan apa yang dimaksud dengan teks cerita biografi!
Jelaskan struktur-struktur cerita biografi.



LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MANUSIA PADA PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS CERITA BIOGRAFI

1.      Menyusun Rencana Pembelajaran
1)      Menentukan kompetensi dasar.
2)      Menentukan indikator pembelajaran.
3)      Menentukan tujuan pembelajaran.
4)      Menentukan pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang akan digunakan.
5)      Menentukan media pembelajaran yang akan dimanfaatkan.
6)      Menyusun langkah-langkah pembelajaran.
7)      Menyusun format nilai dan lembar observasi siswa.

2.      Menyusun Prosedur Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Menyusun prosedur pemanfaatan media pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa, yaitu memahami teks cerita biografi. Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah dibuat, guru akan memanfaatkan media berbasis manusia, yaitu guru sendiri yang menjadi media pembelajaran.
Langkah-langkah penggunaan media berbasis manusia yang digunakan ialah sebagai berikut.
1)      Susun kerangka media pembelajaran.
2)      Siapkan buku yang membahas mengenai teks cerita biografi dan siapkan contoh teks biografi yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
3)      Jika teks sudah disiapkan dan dipahami oleh guru, susun teknik dan metode belajar dengan menggunakan media berbasis manusia tersebut.
4)      Implementasikan penggunaan media berbasis manusia dalam kegiatan pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar