Selasa, 27 Oktober 2015

fungsi dan peran media dalam pembelajaran (resume media pembelajaran 5)



FUNGSI DAN PERAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Arsyad berpendapat fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi, atau lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
            Menurut Arsyad media pembelajaran mempunyai empat fungsi, yaitu sebagai berikut;
a.       Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks pelajaran.
b.      Fungsi afektif yaitu media visual yang terlihat dapat meningkatkan kenikmatan belajar, emosi, dan sikap siswa dalam belajar.
c.       Fungsi kognitif yaitu lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar, dan
d.      fungsi kompensatoris yaitu media berfungsi mengakomodasikan siswa yang lemah atau lamban dalam menerima isi pelajaran yang disampaikan.
Media berfungsi untuk tujuan intruksi dan informasi yang terdapat dalam media harus melibatkan siswa, baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas yang nyata, sehingga pengajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang lebih sistematis , agar dapat menyiapkan intruksi yang efektif. Selain menyenangkan, media  harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan perorangan siswa.
            Media pembelajaran menurut Kemp dan Dayton (1985:28) dapat memenuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan, kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu;
a.       Memotivasi minat atau tindakan
Media pembelajaran dapat direalisasikan dengan teknik drama atau hiburan. Hasil yang diharapkan adalah melahirkan minat dan merangsang para siswa atau pendengar untuk bertindak (turut memikul tanggungjawab, melayani secara sukarela, atau memberikan sumbangan material). Pencapaian tujuan ini akan mempengaruhi sikap, nilai, dan emosi.
b.      Menyajikan informasi
Media pembelajaran dapat digunakan dalam rangka penyajian informasi dihadapan sekelompok siswa. Isi dan bentuk penyajian bersifat amat umum, berfungsi sebagai pengantar, ringkasanlaporan, atau pengetahuan latar belakang. Penyajian dapat pula berbentuk hiburan, drama, atau teknik motivasi.
c.       Memberi intruksi
Media berfungsi untuk tujuan intruksi di mana informasi yang terdapat dalam media itu harus melibatkan siswa baik dalam benak atau mental maupun dalam bentuk aktivitas nyata sehingga pembelajaran dapat terjadi. Materi harus dirancang secara lebih sistematis dan psikologis dilihat dari segi prinsip-prinsip belajar agar dapa menyiapkan intruksi yang efektif. Disamping menyenangkan, media pembelajaran harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memenuhi kebutuhan perorangan siswa.
Peran Media dalam Pembelajaran Bahasa
a.    Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik.
b.    Mengatasi batas-batas ruang kelas.
c.    Mengatasi kesulitan apabila suatu benda yang diamati terlalu kecil.
d.    Mengatasi gerak benda secara cepat atau lambat.
e.    Mengatasi hal-hal yang terlalu kompleks untuk dipisahkan.
f.     Mengatasi suara yang terlalau halus untuk didengar.
g.    Mengatasi peristiwa-peristiwa alam.
h.    Memungkinkan terjadinya kontak langsung dengan masyarakat atau alam.
i.      Memungkinkan terjadinya kesamaan dalam pengamatan (Rohani, 1997:6).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar