RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 ...
Kelas/Semester : VIII/ Gasal
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik : Biografi
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit (1 x
Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknnologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1
Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
2.1
Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali
peristiwa hidup diri sendiri dan orang
lain.
3.2
Membedakan
teks biografi baik melalui lisan maupun tulisan.
Indikator:
1. Peserta
didik mampu membedakan teks biografi dengan teks cerita lain dilihat dari
struktur isi cerita baik secara lisan maupun tulisan.
2. Peserta
didik mampu membedakan teks biografi dengan teks cerita lain dilihat dari
ciri-ciri teksnya.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui membaca teks
biografi dan teks cerita lain, peserta didik dapat membedakan teks biografi dengan
teks lain dilihat dari struktur isi dengan tepat.
2.
Melalui mencermati teks
biografi dan teks cerita lain, peserta didik dapat membedakan teks biografi
dengan teks lain dilihat dari ciri teksnya masing-masing dengan tepat.
D. Materi Ajar
1.
Teks biografi.
2.
Karakteristik teks
biografi.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning.
Metode : Penugasan, tanya jawab, presentasi dan
diskusi.
Model :
Model pembelajaran berbasis masalah (Problem
Based Learning).
F.
Alat dan Sumber
Belajar
Alat dan
Bahan
1. Teks
biografi.
2. Teks
cerita lain.
Sumber Belajar
1. Buku
pendamping: Restuti dan Kosasih. Engkos (2014). Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Erlangga.
2. Internet
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Perserta
didik merespon salam dan pertanyaan
dari guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2. Peserta
didik melakukan kegiatan berdoa sebelum kegiatan belajar dilakukan.
3. Perserta
didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4. Untuk
memberikan motivasi peserta didik dalam pembelajaran membedakan teks biografi,
guru menampilkan teks biografi berjudul “Biografi Taufik Ismail” dan teks
lain berjudul “Kuda yang Memakai Kulit Harimau”.
5. Perserta
didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks biografi dengan
menanyakan teks biografi dan teks lain
yang pernah mereka baca.
6. Perserta
didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran.
7. Peserta
didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
pembelajaran.
8. Peserta
didik diarahkan untuk membentuk kelompok dengan anggota 5-6 orang. Untuk
menarik perhatian mereka, guru menyediakan nama-nama kelompok sesuai dengan
tokoh pada teks biografi.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1. Peserta didik membaca contoh teks biografi “Biografi Taufik Ismail” dengan cermat.
2. Peserta didik membaca contoh teks
cerita lain “Kuda yang Memakai kulit Harimau” dengan cermat.
Menanya
1. Peserta didik dengan atau tanpa
bantuan guru menanyakan perbedaan teks
biografi dan teks cerita lain dari segi struktur teks.
2. Peserta didik dengan atau tanpa
bantuan guru menanyakan perbedaan teks
biografi dan teks cerita lain dari segi fitur kebahasaan.
Menalar/mengeksplorasi
1. Peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah ditentukan oleh guru.
2. Peserta didik berkelompok
mendiskusikan persamaan teks biografi dan cerita lain dari struktur isinya.
3. Peserta didik berkelompok
mendiskusikan perbedaan teks biografi dan teks cerita lain dari ciri-ciri
bahasanya.
Mengasosiasi
Peserta
didik secara berkelompok membandingkan dan menyimpulkan struktur teks
biografi.
Mengkomunikasikan
1. Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain.
2. Setiap kelompok diberi kesempatan
menanggapi/ menyampaikan ide berkaitan dengan materi yang telah didiskusikan.
|
80
menit
|
Penutup
|
1.
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan
materi pelajaran tentang perbedaan teks biografi dengan teks cerita moral.
2.
Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami
saat memahami perbedaan teks biografi dengan teks cerita moral.
3.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan
oleh guru.
4.
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan
dari guru mengenai perbedaan teks biografi dan teks cerita moral.
5.
Peserta didik menyimak informasi
mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
6.
Guru mengajak siswa mengucap surat Al
Fatihah sebagai wujud rasa bersyukur agar ilmunya bermanfaat.
7.
Guru mengucap salam penutup.
|
10
menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian Sikap
a. Teknik : Pengamatan Sikap
b. Bentuk : Lembar Pengamatan
c. Instrumen
Lembar
Observasi = yang Harus Dibawa ke Kelas
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Nilai
|
Konversi
|
||||||||||||||||
Spritual
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||||
1
|
|||||||||||||||||||||
2
|
Rubrik
Deskripsi Kegiatan Siswa
|
Skor
|
Selalu
Sering
Cukup
Kurang
|
4
3
2
1
|
2.
Penilaian Pengetahuan
Format Penilaian
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Soal
|
1
|
3.2 Membedakan teks biografi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
3.2.1 Membedakan teks biografi dengan teks cerita
lain dilihat dari segi isinya.
3.2.2 membedakan teks biografi dengan teks cerita
lain dilihat dari ciri-cirinya.
|
Tulisan
|
Jelaskan perbedaan teks biografi dengan teks cerita
lain dilihat dari struktur isi!
Jelaskan perbedaan teks biografi dengan teks cerita
lain dilihat dari ciri-cirinya.
|
LANGKAH-LANGKAH
PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CETAKAN PADA PEMBELAJARAN MEMBEDAKAN TEKS
BIOGRAFI DENGAN TEKS LAIN
1.
Menyusun Rencana
Pembelajaran
1) Menentukan
kompetensi dasar.
2) Menentukan
indikator pembelajaran.
3) Menentukan
tujuan pembelajaran.
4) Menentukan
pendekatan, metode, dan model pembelajaran yang akan digunakan.
5) Menentukan
media pembelajaran yang akan dimanfaatkan.
6) Menyusun
langkah-langkah pembelajaran.
7) Menyusun
format nilai dan lembar observasi siswa.
2.
Menyusun
Prosedur Pemanfaatan Media Pembelajaran.
Menyusun
prosedur pemanfaatan media pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan
diajarkan kepada siswa, yaitu membedakan teks biografi dengan teks lain baik
melalui lisan maupun tulisan. Agar tercapainya tujuan pembelajaran yang sudah
dibuat, guru akan memanfaatkan media berbasis cetakan, berupa dua buah teks
yang akan dimanfaatkan, yaitu teks biografi dan teks lain.
Langkah-langkah
pembuatan media cetakan yang digunakan ialah sebagai berikut.
1)
Susun kerangka media
pembelajaran.
2)
Siapkan teks biografi
dan teks cerita lain yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
3)
Jika teks sudah
disiapkan, susun teknik dan metode belajar dengan menggunakan media cetak
tersebut.
4)
Implementasikan
penggunaan media cetak dalam kegiatan pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar